Labels

Thursday 8 November 2012

KEBENCIAN



Kebencian tak pernah dapat dimusnahkan dengan kebencian, melainkan dengan kasih dan sayang. Perselisihan paham tidak dapat didamaikan dengan kata berbantahan , melainkan dengan siasat, kebijaksanaan, keluhuran budi, kerelaan hati untuk memahami pendirian pihak lain.
Dalam kehidupan sehari2 kita sering merusak hati kita dengan kebencian...yang ujung2nya adalah merugikan diri sendiri. Tidak saja merusak hubungan silahturahmi juga dapat mendatangkan penyakit hati ... penyakit hati pun bisa membawa kita kepada penyakit psikosomatik seperti jantung, tekanan darah tinggi atau maag. Jadi rentetan kebencian merusak sistem kehidupan kita.

Dengan memaafkan dan memahami adalah jalan terbaik yang bisa kita tempuh untuk mengobati kebencian. Sesama muslim kita disuruh saling mencintai...bila ada satu muslim yang disakiti maka terasa pula oleh muslim yang lainnya. Hadist inilah yang melunturkan kebencian antara kita bersaudara seiman apalagi bersaudara sedarah atau setanah air. Dengan kasih sayang akan lebih mudah bagi kita untuk memaafkan dan memahami seseorang dengan kesalahan yang telah dilakukannya terhadap kita.

No comments:

Post a Comment