Labels

Tuesday 27 November 2012

Hpku masuk air

Nih aku lagi kesal berat hpku masuk air. Padahal tu hp harganya dak lebih Rp300.000 kalau dijual. Sekarang aku mesti bayar Rp.150.000 utk perbaikan. Sebel aku jadi orang yang gaptek dan paling kesal lagi rasa tertipu, tapi dak bisa buktiin.....Karena setahuku kl masuk air keringkan saja maka komponen hp didalam belum tentu rusak.

Berangkat dari rasa kesalku aku mulai browsing dan cari tahu gimana cara mengatasi hp kl kena air.

Cara 1...Tip buat menghilangkan air dari Hp yang kemasukan Air :

· Sesaat, setelah tercebur atau kemasukan air, segara copot batterynya

· Keringkan body HP dangan kain kering yang menyerap air

· Tiup setiap celah atau lubang yang terdapat di HP, hingga airnya keluar

· Timbun HP tersebut kedalam BERAS, minimum selama 2 jam

· Setelah itu perhatikan cameranya. Kalo sudah terlihat bening kembali, coba batterynya dipasang dan dihidupkan.

Cara tersebut diatas pernah saya alami (semata mata pengalaman) dan berhasil. Mudah-mudahan keberhasilan itu bukan suatu kebetulan belaka. Teorinya saya tidak tahu, mungkin, ……. sekali lagi mungkin, BERAS berfungsi sebagai media penyerap uap air, semacam ‘silica gel’

Cara 2...Cara Praktis :
  • Setelah tau kalau HP kita mati gara-gara kemasukan air, jangan pernah mengaktifkannya untuk memastikan jika ponsel itu masih bisa bekerja
  • Segera lepas / keluarkan Battery, SIM-Card, Memory Card dari HP. Kalo memungkinkan ente bisa buka Casing, bukalah Casing HPtersebut.
  • Keringkan dengan cahaya lampu (biar hangat), jangan gunakan cahaya matahari karena bisa mengakibatkan sel-sel warna pada layar LCD HP rusak. Atau juga bisa menggunakan kipas angin, Hair Drier (Pengering Rambut), atau pembersih debu lantai (Vacum Cleaner) kalo ada.
  • Keringkan dalam waktu yang agak lama (Minimal 12-24 jam, kalo perlu 1-2 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal).
  • Kalo lebih ingin HP sembuh secara maksimal, berikan cairan khusus pada lubangconnector charger (lubang untuk nge-cas di HP) dan Interface Connector(Logam kuningan penghubung baterai) dengan cairan alkohol atau lebih baik gunakan cairan Contact Cleaner anti karat terus tunggu sampai kering. Nah, sambil nunggu sediakan kopi hangat plus camilan (makanan ringan) biar gak bosen menunggu... hehehe...
  • Okay, lanjut.... Setelah proses pengeringan dirasa cukup, coba pasang dan aktifkan / hidupkan HP. Kalo masih mengalami error pada beberapa fungsinya dan HP terasa hangat/panas segera ulangi proses seperti di atas.
  • Ane rasa itu cukup, seperti yang ane alami kemarin dan HP ane bisa normal kembali, sembuh total.
Perlu diingat, langkah tersebut di atas hanya bisa kita untuk mengatasi HP yang terkena air hujan, HP nyemplung/tercebur atau masuk ke dalam air dalam waktu yang sekejap. Biasanya bila hal itu terjadi, HP akan restart dengan sendirinya (hidup lagi mati lagi hidup lagi), berkedip-kedip, terparah HP mati total seperti punya ane (Unfunction). Segera lakukan langkah-langkah di atas.

Cara 3...Cara lebih terperinci :

Siapkan.alat2 :
· Obeng pengait (khusus hp)
· Obeng T-6 (khusus hp)
· Tinner A spesial juga tempat untuk tinner.
· Sikat gigi bekas.
· Kipas atau hair dryer 
·  Tissue & cotton bud

Lanjutkan dengan proses dibawah ini :

1.      Matikan Hp
Pada umumnya Hp yang kena air langsung mati. Tapi kalau tidak, kamu wajib matikan Hp secara manual.
2.      Buka Casing & battery
Setelah Hp mati, buka casing Hp dan juga komponen lain yang menempel di casing seperti keypad. Kemudian lepas battery yang merupakan sumber energi.
3.      Lepas SIM card & Memory card
Kamu wajib dan harus melepasi SIM card juga memory card ( Kalau Hp kamu memiliki slot memory )
4.      Lepas Baut Body
Kamu bisa gunakan obeng T-6 dan tang pengait khusus buat Hp untuk membuka baut-baut pada body Hp. Kalau kamu tidak punya alat ini, kamu bisa belidi took yang menjual spare parts Hp. Dan kalau sudah di lepas semuanya jangan taruh komponen-komponen kecil di sembarang tempat, karena kalau hilang bisa berabe! Jadi kumpulin dalam wadah.
5.      Lepas LCD
LCD merupakan komponen Hp yang gunanya untuk menampilkan menu, karena LCD menghambat proses pembersihan & pengeringan, jadi LCD Hp harus         hati-hati saat melepasnya. Pastikan agar jalur fleksibel tidak robek.
6.      Buka Body dalam Hp
Pada tahap ini kamu harus mengeluarkan PCB yang masih terlindungi oleh body Hp. Cek body Hp kalau-kalau masih ada baut yang belum terlepas. Eits..Ingat! jangan letakkan PCB di lantai lho!! Karena kalau tidak bisa terjadi Ground ( arus negative ).
7.      Lepas Konektor PCB
Lepas konektor PCB dengan tang pengait pelan-pelan. Konektor ini banyak terdapat di Hp model clamshell atau lipat yang pada bagian lipatan jalur diganti oleh fleksibel, tapi pada Hp Candybar atau batangan, banyak juga terdapat konektor.
8.      Buka Pelindung IC
Air bisa menempati segala ruangan, sehingga tidak sulit bagi air buat masuk kesela-sela komponen. Lepas pelindung IC secara perlahan memakai tang pengait dan usahakan jangan sampai kaki pelindung IC patah.
9.      Bersih-bersih
Ini dia, waktunya bersih-bersih! Bersihkan PCB dengan sikat gigi bekas. Caranya gampang kok, kamu hanya menggosok PCB dengan sikat gigi tersebut, Eits…Jangan  lupa masukkan dulu sikat ke larutan tinner A-spesial. Waktu menggosok jangan sampai kelewatan lho! Terutama celah-celah kecil. Konektor & PCB yang ada karang airnya ( berwarna Putih ).
10.  Proses pengeringan
Setelah bersih-bersih selesai, kini waktunya mengeringkan PCB dengan kipas angina atau hair dryer.
11.  Pasang kembali Hp & test
Ini dia, waktu yang dinanti. Tapi harus sabar dong! Kamu harus memasang kembali satu demi satu dan jangan sampai ada yang terlewatkan ya!! Setelah kamu merakit ulang Hp yang kamu bongkar, nyalakan Hp kamu. Bila Hp kamu nyala seperti dulu, berarti Hp yang kamu berhasil terhindar dari bahaya rusak.

# cara diatas perlu diingat dan jangan mau di kecoh sama orang yg kemampuannya pun dapat diukur...



sumber : http://awalitaufiqi.blogspot.com, http://edukasi.kompasiana.com,
http://www.handphone2000.com/

No comments:

Post a Comment