Labels

Saturday 2 February 2013

Mengapa Allah ciptakan Iblis........................

Tak ada  Allah memciptakan segala sesuatunya tanpa manfaat dan tujuan...walaupun itu suatu hal yang sangat buruk dan jahat sekalipun. Sumber keburukan itu adalah iblis. Ia menjadi setan yang akan menjadi penggoda yang akan menjerumuskan manusia ke neraka. Tapi hikmah lainnya adalah iblis itu diciptakan adalah untuk menjadi pembeda mana manusia yang berkualitas mana yang tidak. Hikmah Malaikat dan jin bersujud kepada manusia adalah manusia adalah sentralnya. Malaikat dan setan adalah pelengkapnya. 2 makhluk Allah itu untuk mencari kualitas manusia terbaik dalam menyembah sang penciptanya. Karena tujuan Allah menciptakan manusia dan jin hanya untuk menyembahNya, sehingga Iblis dan malaikat itu diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Dengan adanya setan dan iblis, maka manusia berjuang menghadapi musuh Allah dan musuh manusia itu, dan dengan demikian ia dapat meraih kedudukan yang lebih tinggi di sisi Allah.

2. Dengan adanya iblis dan setan, manusia memanjatkan permohonan atau doa perlindungan kepada Allah, sehingga sekian keburukan dapat ditampik dan banyak kemaslahatan dapat dipetik.

3. Dengan adanya iblis dan setan serta sanksi yang diperolehnya, bertambah rasa takut dan pengabdian malaikat dan orang-orang beriman kepada Allah. Mereka takut jangan sampai mendapat murka, sebagaimana iblis. Dan ini pada gilirannya menambah pula pengabdian mereka. Disamping itu, peristiwa yang dialami iblis itu dapat menjadi pelajaran berharga bagi setiap hamba Allah.

4. bahwa kehadiran iblis dan setan merupakan salah satu kodrat Ilahi dan bahan ujian bagi manusia.

5. Adapun kehadiran iblis dan setan sebagai ujian …ungkapan yang menyatakan : Manusia mengenal kebaikan, sejak ia mengenal setan.

6. Eksistensi saya diperlukan untuk wujudnya kebaikan; jiwa saya yang penuh kegelapan harus terus demikian agar dapat merefleksikan bahaya Ilahi".

7. Hanya dengan adanya iblis dan setan maka dengan demikianlah dapat diketahui kualitas manusia. 
 8. Menambah rasa Syukur dalam diri manusia karena ia adalah makhluk terbaik yang diciptakan Allah sehingga Iblis dan malaikat diciptakan untuk mencapai titik terbaik dari seorang manusia dimata ia adalah sentral dalam penciptaaan alam fana

No comments:

Post a Comment